Home / Uncategorized / Manokwari Kota Injil

Manokwari Kota Injil

Bau seperti alkohol mulai saya rasakan. Rasanya memang enak, tetapi badan saya terasa agak panas. Ditemani beberapa orang, kami berdiri dipinggiran jalan dekat tepi hutan di sebuah desa di Papua Barat. Tampak beberapa mobil juga lalu lalang dijalan ini..

Iya, namanya Paulus Iba, seorang sahabat yang setiap kali saya ke manokwari, selalu mengajak saya makan durian sampai puas, sampai panas. Anehnya, dia sendiri tidak makan! “Sa lebih suka traktir daripada makan,” begitu alasannya. Dan siang itu setelah lunch, dia membawa saya ke desa yang penuh dengan pohon durian.

Manokwari memang menyenangkan. Ini kali ke-3 saya ke Papua Barat, ke Manokwari. Pesawat garuda take off tepat jam 05.40 dini hari dari Sam Ratulangi airport Manado. Kl. 1 jam sudah landing transit di sorong sekitar 30 menit, ganti pesawat lalu lanjut ke manokwari dg jarak tempuh hanya 45 menit saja. Saya landing pukul 10.10, sesuai schedule. Garuda memang mantap! Setelah mengambil bagasi, Ps Ramses dan rekan2 membawa sy langsung ke gereja.

Ohya, ibadah minggu biasanya jam 9, Cuma karena menunggu sy datang, khusus hari itu ibadah dimulai jam 10. Dan saya sampai di gereja sekitar 10.30an, menunggu sbntr, langsung kotbah!! Haha… menyenangkan bs datang kembali ke GKKD MANOKWARI…

Selesai kotbah, berfoto bersama pembeli buku2 saya, plus ngobrol2 dengan jemaat. Kebanyakan saya sudah mengenalnya. Tapi yg luar biasa, kali ini sy kotbah di gedung milik sendiri, tidak lagi sewa hotel seperti 3 tahun lalu. Woow. Pekerjaan Tuhan dahsyat.. saya banyak belajar dr Gembala disini.

Selesai kotbah, saya diajak makan siang. Dan kali ini saya mencoba makan PAPEDA..yuhhuiii,,,, rasanya? Hmm, maknyuss… geli2 enak gitu…haha.. gak usah dikunyah, langsung telan saja Ps.. begitu saran mereka pd saya. Papeda campur kuah ikan kuning memang jodoh sepadan! Kenyang after lunch, lanjut cari durian. Sekitar 6-8 durian dari segala jenis, mentega, bla bla bla… sikaaaattt.. Matahari sore udah mulai muncul, saatnya ke hotel istirahat sbntr, karena sbntr sore ada janjian utk Finger Print Analysis dg beberapa jemaat…

Malam pertama hari minggu di Manokwari, sy melayani konsultasi pernikahan dan pendidikan sampai pukul 1.30 dibi hari. Kemudian senin bangun gak buru2 krn acara KKR NATAL mulai jam 5 sore.. Senin siang dijemput lunch sm Gembala dan istri dan anak2 (plus sekalian finger print juga..). lalu kembali ke hotel untuk persiapan natal.

Malam pun tiba! Kami bersukacita dalam perayaan natal GKKD, yg kali ini diadakan di halama gereja. (ini kereen…). walaupun sempat mati lampu, tapi sukacita natal tidak terganggu. Jemaat bersukacita, makanan berlimpah dan tamu undangan jg banyak yg hadir. Malam ini sy memberitakan INJIL di Kota Injil : “Kristus telah lahir, Juru selamat telah lahir…” begitulah kira2 inti kotbah saya malam itu…

Acara berakhir sekitar 21.30 WIT, lalu kembali ke hotel, berganti baju dan turun lagi ke lobby utk melayani konsultasi sampai sekitar jam 2 subuh!! Hahayy….

Akhirnya selasa pagi, saya hrs berpamitan dengan Gembala dan jemaat GKKD Manokwari. Trimakasih Ps. Ramses Situmorang, Ps. Tirza Indriani dan Penatua gereja.